• Breaking News

    Kisah NABI HUD ALAIHISSALAM Lengkap

    NABI HUD ALAIHISSALAM

    Tersebutlah sebuah kaum bernama Kaum ‘Ad. Kaum ini adalah salah satu contoh kaum yang melupakan Allah. Syaitan yang terkutuk telah menyesatkan hati dan pikiran Kaum ‘Ad ini. Adik-adik harus berhati-hati dengan syaitan. Bisikannya yang menghasut, bujukannya yang sesat dan menjerumuskan jangan sampai melemahkan iman kita kepada Allah.

    https://sinar-islamic.blogspot.com/2020/01/kisah-nabi-hud-alaihissalam-lengkap.html

    Kaum ‘Ad sepeninggal generasi Nabi Nuh Alaihissalam ini telah sesat. Mereka sungguh kurang menyadari bahwa segala sesuatu itu adalah anugerah Allah. Allah memberi kelebihan kepada mereka berupa bentuk badan dan perawakan yang besar dan kuat. Semua itu, sedikit dari nikmat yang diberikan Allah belum yang lain-lainnya. Tapi kesesatan mereka sudah parah dan juga tidak tahu bersyukur.

    Kaum ‘Ad menganggap bahwa pemberian yang mereka terima datang dari patung-patung yang biasa mereka sembah. Mereka berbuat begitu karena ikut-ikutan saja. Mereka beralasan bahwa bapak-bapak mereka sebelumnya juga terbiasa melakukan hal itu.

    Di tengah-tengah manusia-manusia sesat itu, Allah mengutus seorang hamba pilihan bernama Hud. Dia diangkat Allah sebagai nabi. Nabi Hud Alaihissalam adalah salah seorang anak-anak keturunan ‘Ad. Sedang ‘Ad adalah anak-anak keturunan dan putra Nabi Nuh Alaihissalam bernama Syam. Nabí Hud Alaihissalam menjadi penerus risalah dan bertindak pula sebagai pemberi peringatan bahwa hanya Allah saja yang harus disembah. Nabí Hud Alaihissalam mendatangi kaumnya, menyeru dan mengajak mereka untuk menaati Allah.

    Kaum ‘Ad menganggap remeh saja perkataan Nabi Hud. Sebagian Kaum ‘Ad yang sesat itu terdiri dari pemimpin-pemimpin di dalam kaum tersebut. Oleh karena itu mereka meremehkan seruan Nabi Hud untuk menyembah hanya kepada Allah. Berhala adalah tuhan mereka. Pemimpin-pemimpin Kaum ‘Ad ¡tu menganggap bahwa kenikmatan yang mereka peroleh berasal dan berhala yang mereka sembah.

    Nabi Hud Alaihissalam mendapat penolakan dari kaumnya. Syaitan telah membuat mereka melupakan Allah dan mengagungkan berhala. Bukankah patung-patung yang mereka sembah itu adalah buatan mereka sendiri? Bagaimana mungkin berhala buatan mereka sendiri bisa menjadi tuhan yang dapat memberikan segala kenikmatan? Sedang Allah adalah Tuhan yang mampu menciptakan bumi dan langit serta isinya. Maka sungguh hanya Allah-lah yang wajib diimani dan ditaati.

    Nabi Hud Alaihissalam terus berdakwah. Walaupun pengikutnya hanya sedikit, Nabi Hud tidak putus asa untuk menyampaikan kebenaran. Kaum ‘Ad tetap tidak mempercayai ajaran Nabi Hud Alaihissalam. Mereka tetap menganggap berhala adalah Tuhan mereka.

    Seruan dan ajakan Nabi Hud Alaihissalam benar-benar tidak mereka hiraukan. Tidak sedikit pun mereka ingin pergi meninggalkan berhala yang menjadi tuhan-tuhan mereka. Mereka justru menantang agar Allah menimpakan azab jika Nabi Hud benar utusan Allah. Jangan ditiru ya Adik-adik. Perkataan Kaum ‘Ad itu sama dengan melawan Allah. Perbuatan melawan Allah adalah perbuatan durhaka. Maka Allah mendatangkan azab. Sesungguhnya ancaman Allah pasti datang tanpa mereka minta karena kesesatan Kaum ‘Ad tidak terampunkan lagi.

    NabiHud Alaihissalam bersama pengikutnya meyakini bahwa Allah murka kepada Kaum ‘Ad. Akhirnya ancaman-Nya itu datang. Allah membuat kehidupan Kaum ‘Ad serba susah. Tanah pertanian menjadi kering, sumber mata air mereka tidak lagi mengalir, peternakan mereka tak terurus lagi, sedang hidup mereka sendiri juga susah.

    Dalam keadaan seperti itu, mereka masih mengharap berhala mereka datang menolong. Suatu ketika serombongan awan-awan di langit menggantung. Mereka terasa sangat senang. Mereka pikir hujan akan segera turun dan mengakhiri kesusahan mereka. Namun Allah menunjukkan kebesaran-Nya. Awan-awan itu bukan datang membawa hujan tapi membawa azab bagi Kaum ‘Ad. Keluarlah dari gumpalan awan tersebut angin dahsyat yang sangat panas dan hebat.

    Kaum ‘Ad terperangah, bukan hujan yang datang kepada mereka tapi tiupan angin yang kencang lagi membinasakan. Lenyaplah semua Kaum Ad yang sesat dan durhaka itu. Mereka telah mendapat azab dari Allah hingga yang tersisa hanyalah bangunan-bangunan mereka saja.

    Sedang Nabi Hud Alaihissalam dan pengikutnya semua selamat, semakin bertambahlah keimanan mereka kepada Allah. Mereka berlalu dari tempat tersebut dan membangun kehidupan baru yang penuh ketaatan kepada Allah.

    Hikmah Nabi Hud Alaihissalam :
    • Segala kenikmatan adalah pemberian dari Allah, mengingkari dan menyekutukan-Nya akan mendatangkan azab.
    • Meyakini sungguh-sungguh bahwa bertakwa dan beriman kepada Allah adalah ajaran yang lurus.
    • Tidak meyakini berhala atau patung-patung sebagai Tuhan, semua itu hanya buatatan manusia saja
    Kisah Nabi Hud Alaihissalam di dalam Mushaf al-Qur’an terdapat pada:
    (aI-A’raaf: 65-72), (Fushshilat: 15-17), (Huud: 50-60),(asy-Syu’araa’: 123-139), (al-Ahqaaf: 21-28), (aI-Haqqah: 6-8).

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728